Employee Benefit

Keuntungan Karyawan Perusahaan GRM

Fenomena Gunung Es

Suatu masalah umumnya timbul setelah bagian Sumber Daya Manusia (SDM) menerapkan suatu program kesejahteraan karyawan yang mungkin terlihat bagus namun sebenarnya belum tentu demikian. Hal ini ditunjukkan dengan karyawan menjadi cemas, gelisah, keluhan bertambah, mangkir, etos kerja menurun, pengunduran diri dan dalam kasus yang lebih berat bisa dalam bentuk tindakan fisik.

Semuanya itu adalah wujud ketidakpuasan yang tentunya akan membahayakan produktivitas dan mempengaruhi kualitas kerja karyawan. Pada kasus yang lain, demi mengurangi resiko finansial, banyak perusahaan mencoba melimpahkan program kesejahteraan karyawannya melalui perusahaan asuransi.

Namun, apa yang didapat oleh perusahaan kadang-kadang mereka menerima sesuatu yang tidak sesuai dengan apa yang dijanjikan, diantaranya:

  1. Jenis manfaat asuransi yang tidak sesuai dengan kebutuhan.
  2. Kondisi dan persyaratan polis yang kurang baik.
  3. Premi yang dibayar tidak kompetitif.
  4. Layanan purna jual tidak sesuai dengan yang dijanjikan.
  5. Semakin menambah beban administrasi.

Dampak semua itu jelas akan mengganggu kinerja perusahaan secara keseluruhan. Kami menyusun solusi/rekomendasi dengan menerapkan suatu metode yang terintegrasi dan komprehensif, yang mempertimbangkan berbagai faktor-faktor yang penting dan krusial.

Selanjutnya kami menyaring dan mengolah informasi yang tersedia menggunakan analisa kuantitatif dan kualitatif yang mendetil serta menyeluruh, dilanjutkan dengan hitungan komputasi rumus dan persamaan. Sejalan dengan itu kami berkolaborasi dengan klien dan saling menukar ide untuk mempercepat proses kerja.

Apa itu Program
Kesejahteraan Karyawan ?

Program Kesejahteraan Karyawan adalah suatu program yang dirancang khusus untuk kesejahteraan karyawan suatu perusahaan. Program kesejahteraan karyawan yang kami tawarkan meliputi asuransi kesehatan karyawan dengan benefit rawat inap yang bisa ditambah dengan benefit lainnya seperti benefit rawat jalan, benefit perawatan gigi, benefit melahirkan dan benefit untuk kacamata.

Selain benefit kesehatan, program kesejahteraan karyawan ini juga menawarkan program asuransi jiwa dan kecelakaan diri serta program dana pensiun untuk para karyawan. Perusahaan bisa membantu karyawan untuk merencanakan masa depan mereka setelah mereka memasuki usia pensiun. Karena perusahaan yang baik tidak hanya memperhatikan kesejahteraan karyawannya selama ia masih bekerja saja tetapi juga kesejahteraan karyawannya setelah mereka pensiun.

Dengan adanya program kesejahteraan karyawan dalam suatu perusahaan, akan tercipta perasaan aman dan tenang bagi karyawan perusahaan tersebut. Semua ini akan meningkatkan loyalitas karyawan pada perusahaan.

Banyak perusahaan-perusahaan, terutama yang berskala kecil dan menengah yang belum, bahkan tidak memikirkan untuk menyediakan program kesejahteraan karyawan bagi para karyawannya.

Hal ini biasanya lebih disebabkan oleh anggapan bahwa program kesejahteraan karyawan ini cukup rumit penanganannya sehingga mereka cenderung tidak memprioritaskan program kesejahteraan karyawan tersebut. Padahal sebenarnya Program Kesejahteraan Karyawan ini merupakan suatu program yang banyak memberikan manfaat baik bagi perusahaan itu sendiri, mau pun bagi para karyawannya.

EBRS (Employee Benefit Risk Services)
Global Risk Management memiliki Strategis Business Unit (SBU) Employee Benefit Risk Services (EBRS) untuk membantu perusahaan-perusahaan dalam merancang program Kesejahteraan Karyawan secara tepat guna, seperti program pemeliharaan Kesehatan, Asuransi Jiwa, Kecelakaan Diri, Dana Pensiun (Tabungan Hari Tua) dan program Pesangon sesuai dengan Undang-Undang Ketenagakerjaan No. 13 Tahun 2003.

Kami yakin bahwa setiap perusahaan menghadapi tantangan untuk merekrut, mengembangkan dan mempertahankan karyawannya yang berkualitas sehingga perusahaan tetap dapat memastikan posisinya di dalam suasana persaingan yang begitu ketat seperti sekarang ini.

Kami memahami kebutuhan tersebut; karenanya kami mengembangkan solusi menyeluruh yang dapat membantu nasabah kami mencapai tujuan bisnisnya. Dengan visi layanan melalui cara pemecahan yang tepat dan pencurahan upaya untuk kepentingan nasabah secara sepenuh hati, kami berupaya untuk dapat selalu memenuhi kebutuhan nasabah perusahaan dalam perencanaan program kesejahteraan karyawan.

Untuk mewujudkan cita-cita besar ini, maka GRM EBRS ini menindaklanjuti dengan membuat pernyataan Visi dan Misi sebagai berikut:

Visi
Menjadi penyedia solusi yang terbaik dalam Perencanaan Program Kesejahteraan Karyawan baik di pasar Lokal maupun Global.

Misi
  1. Membantu perusahaan merancang Program Kesejahteraan Karyawan yang optimal dengan pemanfaatan Teknologi Infomasi.
  2. Membantu perusahaan memilih perusahaan Penyedia Pelayanan Kesehatan atau Perusahaan Asuransi yang tepat dalam penanganan Program Kesejahteraan Karyawan, dengan harapan memberikan hasil yang paling efektif dan efisien.
  3. Melakukan pemantauan pola Kesejahteraan Karyawan yang sesuai dengan keadaan pasar sehingga perusahaan tetap dalam keadaan kompetitif.
Mengapa GRM EBRS ?

Dengan dukungan penuh staf yang profesional dan berpengalaman, kami senantiasa siap membantu dan memecahkan masalah perusahaan Anda dalam mengelola program kesejahteraan karyawan secara efektif dan efisien.

Mengapa anda harus memilih GRM EBRS, karena kami memlilki keahlian yang cukup dan layanan yang kami berikan mencakup diantaranya:

  1. Merancang Program Kesejahteraan Karyawan yang paling tepat baik dengan skema dikelola sendiri (self insured) maupun melalui skema pengalihan risiko (risk transfer) atau kombinasi keduanya.
  2. Jika solusi dengan skema pengalihan risiko diambil, maka tim konsultan profesional kami akan membantu perusahaan anda untuk mendapatkan program asuransi dengan manfaat (feature benefit) dan syarat ketentuan (terms and conditions) yang terbaik dengan premi yang kompetitif.
  3. Membantu perusahaan anda dalam memonitor kualitas layanan yang diberikan baik oleh Penyedia Pelayanan Kesehatan (PPK) mapun Pihak Asuransi.
  4. Membantu dalam mengurangi pekerjaan administrasi bagian Sumber Daya Manusia (SDM) khususnya administrasi pengajuan dan verifikasi klaim kesehatan, sehingga bagian SDM dapat lebih memfokuskan diri ke program-program pengembangan karyawan yang sebenarnya.
  5. Individualitas kami sebagai yang pertama dan satu-satunya dalam layanan konsultasi program kesejahteraan karyawan yang memiliki cukup banyak pengalaman menangani perusahaan-perusahaan dengan skala kecil ( jumlah karyawan dibawah 500 orang), skala menengah (jumlah karyawan diantara 500 orang s/d 15.000 orang) dan skala besar (jumlah karyawan di atas 15.000 orang) baik perusahaan swasta nasional, swasta multinasional dan pemerintah (BUMN dan BUMD).
  6. Faktor utama yang membentuk identitas kami sebagai konsultan pilihan adalah manajemen yang terpercaya serta tim konsultan yang handal dan berpengalaman di bidang manajemen asuransi dan aktuaria, dengan latar belakang di bidang asuransi kesehatan, jiwa, dan dana pensiun dengan sertifikasi keahlian kami telah diakui secara resmi oleh asosiasi dalam industri asuransi.