Cirs

Credit Insurance Risk Services

Pengertian Credit Insurance

Asuransi kredit adalah proteksi yang diberikan oleh Asuransi kepada Bank Umum atau Lembaga Pembiayaan Keuangan atas risiko kegagalan Debitur di dalam melunasi fasilitas kredit atau pinjaman tunai (cash loan) seperti kredit modal kerja, kredit perdagangan dan lain-lain yang diberikan oleh Bank Umum/Lembaga Pembiayaan Keuangan.

Tertanggung Asuransi Kredit
Pada asuransi kredit yang menjadi tertanggung adalah Bank Umum/Lembaga Pembiayaan Keuangan yang mengajukan permintaan asuransi kredit bukan debitur yang meminjam dana dari BankUmum/Lembaga Pembiayaan Keuangan tersebut. Dengan demikian asuransi kredit adalah merupakan bi-party agreement dimana hanya ada dua pihak yang terlibat yaitu perusahaan asuransi sebagai penanggung dan bank umum atau lembaga pembiayaan sebagai tertanggung.

Objek Pertanggungan Asuransi Kredit
Objek pertanggungan pada asuransi kredit adalah resiko timbulnya kerugian yang dialami oleh Bank Umum/Lembaga Pembiayaan Keuangan karena adanya kredit macet dari debitur.

demo
demo
Smart Credit

Dalam memberikan jasa keperantaraan dalam asurani kredit ini, GRM didukung dengan suatu aplikasi piranti lunak yang kami beri nama Smart Credit. SmartCredit adalah sistem aplikasi yang mengelola administrasi pengelolaan risiko pertanggungan asuransi kredit untuk bank atas aktifitas debitur yang melakukan pinjaman kepada pihak bank. Sistem aplikasi ini beroperasi secara realtime, online dan integrated. Sistem aplikasi ini juga menghubungkan beberapa pihak yang memiliki kepentingan atas pengelolaan risiko tersebut, yaitu pihak Lembaga Keuangan (Bank), Pialang Asuransi, Perusahaan Asuransi, Perusahaan Reasuransi dan Pihak Retrosesi.

Dalam mempercepat proses layanan akseptasi khususnya risiko yang tidak dalam kategori standar, Smart Credit juga didukung dengan portal eLifeRe yang merupakan aplikasi berbasis web untuk transaksi reasuransi jiwa yang berguna bagi perusahaan asuransi dalam hal memperoleh dukungan reasuransi atas risiko-risiko yang mereka ambil baik itu risiko-risiko dengan kategori sub standar risk atau Jumbo Risk.

GIRS

General Insurance Risk Services

Asuransi Kebakaran


Asuransi Kebakaran adalah asuransi yang menjamin kerugian atau kerusakan harta/benda akibat kebakaran dan/atau penyebab lainnya yang terjadi secara tiba-tiba dan tidak terduga.

Apa saja yang bisa diasuransikan?
Harta benda anda berupa bangunan, perabot rumah tangga, perlengkapan rumah, mesin, barang dagangan, persediaan bahan baku atau barang jadi, dan sebagainya.

Risiko-risiko apa saja yang dijamin?
Sesuai dengan Polis Standar Kebakaran Indonesia yang diterbitkan oleh Dewan Asuransi Indonesia, polis ini menjamin risiko standar , yaitu kebakaran, petir, ledakan, asap, dan akibat kejatuhan pesawat terbang. Selain itu anda pun dapat mengajukan permohonan untuk memperluas risiko standar antara lain kerusuhan, tanah longsor, banjir, biaya pembersihan puing.

Risiko-risiko apa saja yang tidak dijamin?
Tidak ada asuransi yang dapat menjamin seluruh risiko. Pada polis asuransi kebakaran risiko-risiko yang tidak dijamin dicantumkan pada persyaratan polis, antara lain kebakaran atau ledakan dari api yang timbul sendiri (self combustion), hubungan arus pendek (short circuit), kerusakan akibat perang, penyerbuan, aksi musuh asing dan kegiatan lain sejenisnya, reaksi atau radiasi nuklir atau pencemaran radio aktif, perbuatan yang disengaja.

Siapa saja yang memerlukan produk ini?
Setiap individu atau badan usaha yang memiliki kepentingan atas harta benda yang diasuransikan seperti: pemilik, penyewa, bank atau lembaga keuangan pemberi kredit.

Faktor apa saja yang mempengaruhi suku premi?
Hal-hal yang umum diperhatikan adalah okupasi atau penggunaan bangunan, kelas konstruksi bangunan, peluang terjadi musibah, keadaan sekeliling atau lokasi bangunan, catatan kerugian yang pernah terjadi.

Asuransi Rekayasa


Apa saja yang bisa diasuransikan?
Pekerjaan teknik sipil sesuai dengan kontrak kerja antara pemilik bangunan dean kontraktor utama, meliputi: pekerjaan utama; pekerjaan sementara; pekerjaan persiapan; bahan-bahan yang digunakan; biaya pembersihan reruntuhan; tanggung jawab pihak ketiga; alat-alat besar dan mesin-mesin yang membantu pelaksanaan pekerjaan. Risiko-risiko ini berada dibawah polis Contractors' All Risk. Sedangkan pada Erection All Risk, yang dapat diasuransikan, antara lain: mesin-mesin berikut peralatannya, biaya pengangkutan atau bea masuk; biaya pemasangan; biaya penyingkiran reruntuhan.

Risiko-risiko apa saja yang dijamin?
Kerugian yang dialami pemilik proyek selama dalam proses pembangunan infrastruktur teknik sipil akibat dari, antara lain: bencana alam; kebakaran; ledakan; pencurian termasuk pencurian dengan paksa; kelalaian pekerja; kurang cakapnya pekerja; penggunaan bahan yang keliru. Risiko tersebut termasuk dalam polis Contractors' All Risk. Sedangkan risiko kegiatan pemasangan mesin dijamin dalam polis Erection All Risk, dimana risiko-risiko yang dijamin pada dasarnya hampir sama dengan risiko-risiko pada Contractors' All Risk dan ditambah dengan jaminan hubungan pendek dan jatuhnya obyek yang akan diasuransikan.

Risiko-risiko apa saja yang tidak dijamin?
Risiko-risiko yang tidak dijamin antara lain: perang dan sejenisnya; reaksi nuklir; kesengajaan atau kelalaian yang disengaja; kesalahan perencanaan; penghematan pekerjaan baik secara keseluruhan maupun sebagian; sangsi-sangsi pembangunan; surat berharga, uang tunai, gambar atau denah; kehilangan keuntungan yang diharapkan.

Siapa saja yang memerlukan produk ini?
Perusahaan atau individu yang akan mengerjakan pekerjaan teknik sipil maupun pemasangan mesin-mesin dan peralatannya, pemilik proyek, pemasok atau pabrik pembuat mesin / peralatan yang akan dipasang.

Asuransi Pengangkutan


Apa saja yang bisa diasuransikan?
Barang-barang dagangan, mesin,bahan baku, atau kepentingan lain yang akan dimuat melalui angkutan udara ,laut atau darat. Selain itu uang tambang (freight) serta keuntungan yang diharapkan (imaginair profit)pun dapat diasuransi .

Risiko-risiko apa saja yang dijamin?
Kerugian atas barang-barang yang diangkut dari satu tempat ke tempat lain yang disebabkan oleh tergelincirnya alat angkut atau keluar dari rel. khusus alat angkut berupa kapal laut, kerugian yang dialami pemilik barang dapat disebabkan oleh: kebakaran, kandas, tenggelam, atau terbaliknya alat angkut dengan obyek lain selain air; pembongkaran barang di pelabuhan darurat; peristiwa general average: pembuangan atau terlemparnya barang ke laut; gempa bumi,letusuan gunung berapi, petir dan sejenisnya.

Risiko-risiko apa saja yang tidak dijamin?
Risiko-risiko yang tidak dijamin antara lain: kerugian atau kerusakan yang disebabkan oleh kesengajaan tertanggung; kondisi yang normal seperti kebocoran, susut berat atau susut isi, robek, aus; pengepakan tidak standar; alat angkut tidak layak beroperasi; perang dan sejenisnya; pemogokan buruh, kekacauan dan sebagainya.

Siapa saja yang memerlukan produk ini?
Perusahaan atau individu yang bergerak dalam bidang ekspor import atau memiliki usaha dalam bidang perdagangan maupun industri.

Asuransi Rangka Kapal


Apa saja yang bisa diasuransikan?
Seringnya bahaya yang muncul pada saat berlaut (Perils of the Sea) sangat mengkhawatirkan para pengusaha pelayaran dan para pemilik kapal, khususnya ancaman-ancaman terhadap Rangka Kapal miliknya. Ancaman ini dapat menyebabkan kerugian finansial yang sangat besar sekaligus mempengaruhi kelanjutan usaha di masa mendatang.

Risiko-risiko apa saja yang dijamin?
Asuransi Rangka Kapal menjamin Rangka Kapal berikut mesin dan peralatannya seperti jenis Kapal Tanker, Kapal Barang (Cargo), Kapal Penumpang (Fast Ferry), Container, RORO, Kapal Curah, Tongkang, Kapal Tunda, Kapal Keruk dan lainnya.

Siapa saja yang memerlukan produk ini?
Maka dari itu diperlukan suatu proteksi asuransi Rangka Kapal yang menawarkan perlindungan sehingga pebisnis perkapalan seperti para pengusaha pelayaran dan pemilik kapal tak perlu khawatir lagi.

Asuransi Uang


Asuransi Uang melindungi Uang Dalam Lemari Besi (Cash In Safe) dan Uang Dalam Perjalanan (Cash In Transit)

Apa saja yang bisa diasuransikan?
Uang atau yang dipersamakan dengan uang; surat-surat berharga; lemari besi tempat penyimpanan harta benda tersebut.

Risiko-risiko apa saja yang dijamin?
Asuransi uang menjamin kerugian atas uang (termasuk dalam pengertian uang ini adalah cek perjalanan, wesel, logam mulia, obligasi, saham dan lainnya) yang terjadi karena pencurian, perampokan, kehilangan, pembongkaran atau penggelapan, dan kerusakan pada saat diangkut atau disimpan dalam lemari besi dan atau cashier box.

Risiko-risiko apa saja yang tidak dijamin?
Risiko-risiko yang tidak dijamin antara lain: kurangnya uang akibat kesalahan hitung oleh bagian keuangan atau akunting; kerugian yang terjadi di luar dari wilayah yang disebutkan dalam ikhtisar polis; perang, kerusuhan dan sejenisnya; depresiasi; kontaminasi radioaktif; senjata nuklir.

Siapa saja yang memerlukan produk ini?
Perusahaan atau individu yang melakukan transaksi dalam jumlah besar dan rutin. Contoh: bank, penukaran uang asing, atau perusaahaan lainnya; atau setiap individu yang menyetorkan atau mengambil uang dari bank dalam jumlah cukup besar. Mengingat asuransi uang ini merupakan pelengkap dari asuransi kebakaran, sebagaimana halnya asuransi kebongkaran, maka calon nasabah harus terlebih dahulu telah mengasuransikan bangunan atau harta bendanya melalui asuransi kebakaran.

Asuransi Kendaraan Bermotor


Apa saja yang bisa diasuransikan?
Kendaraan bermotor roda dua (sepeda motor, skuter) kendaraan beroda empat atau lebih (sedan, minibus, jip, truk) termasuk aksesoris atau perlengkapan tambahan yang menempel pada kendaraan tersebut

Risiko-risiko apa saja yang dijamin?
Sesuai dengan Polis Standar Kendaraan Bermotor Indonesia yang diterbitkan oleh Dewan Asuransi Indonesia, polis ini menjamin kerugian atau kerusakan kendaraan bermotor yang disebabkan antara lain oleh: tabrakan, benturan, terbalik termasuk juga akibat dari kesalahan material, konstruksi, cacat sendiri; perbuatan jahat orang lain; pencurian termasuk pencurian yang didahului atau disertai dengan kekerasan atau ancaman; kebakaran; sambaran petir; kerusakan selama kendaraan dalam penyeberangan menggunakan feri yang dikelola oleh Dirjen Perhubungan Darat; kerusakan roda yang mengakibatkan timbulnya kecelakaan; biaya derek.

Selain itu, polis asuransi kendaraan bermotor juga menjamin risiko tanggung gugat (tanggung jawab hukum tertanggung kepada pihak ketiga.) dimana pihak ketiga mengalami kerugian yang secara langsung disebabkan oleh kendaraan bermotor yang diasuransikan. Kerugian yang diderita pihak ketiga dapat berupa kerusakan harta benda atau cedera badan atau kematian. Termasuk pula dalam risiko tanggung gugat yang dijamin adalah biaya perkara atau biaya bantuan para ahli yang telah disetujui lebih dulu oleh pihak asuransi.

Mengingat risiko kerusuhan atau pemogokan dan sejenisnya tidak dijamin dalam risiko standar, jika berminat maka anda harus meminta perluasan jaminan atas risiko ini. Jika tidak, maka kerusakan atau kerugian akibat kerusuhan atau pemogokan tidak akan dijamin.

Berdasarkan jenis penutupan atau luas jaminan, asuransi kendaraan bermotor memiliki 2 jenis penutupan. Penutupan pertama ada jaminan Kerugian Total atau Total Loss Only, dan penutupan kedua adalah jaminan Komprehensif.

Jaminan Kerugian Total artinya bila kendaraan hilang dicuri atau kendaraan mengalami kecelakaan yang mana biaya perbaikannya diprakirakan minimal 75 persen dari harga kendaraan.

Jaminan Komprehensif hampir serupa dengan jaminan Kerugian Total hanya tidak ada minimum prakiraan biaya perbaikan.

Risiko-risiko apa saja yang tidak dijamin?
Tidak ada asuransi yang dapat menjamin seluruh risiko kendaraan bermotor, walau pun kondisi penutupan adalah Komprehensif (dahulu disebut All Risk). Risiko-risiko yang tidak dijamin dicantumkan dengan jelas pada persyaratan polis, antara lain: kehilangan keuntungan selama kendaraan tidak dapat digunakan akibat kecelakaan; kerugian akibat penggelapan; hilangnya atau rusaknya peralatan tambahan atau non standar yang tidak disebutkan dalam ikhtisar polis; akibat perbuatan jahat yang dilakukan oleh tertanggung atau keluarga tertanggung; kendaraan digunakan untuk belajar mengemudi atau perlombaan atau karnaval, atau tindak kejahatan; kelebihanmuatan; pengemudi tidak memiliki SIM atau melanggar peraturan lalu lintas; barang muatan di dalam kendaraan; akibat bencana alam atau perang dan sejenisnya.

Siapa saja yang memerlukan produk ini?
Setiap individu atau badan usaha yang memiliki kepentingan atas kendaraan bermotor yang diasuransikan seperti: pemilik, penyewa, bank atau lembaga keuangan pemberi kredi

Asuransi Oil & Gas


Paket Asuransi BPMigas – KPS itu dibuat untuk apa?
Dibuat untuk memberikan proteksi terhadap asset dan kepentigan Pertamina yang dioperasikan oleh perusahaan minyak asing (PSC) di Indonesia.

Apa saja Jaminan Utama yang diberikan?
Jaminan Utama yang diberikan adalah:

  1. Asuransi terhadap asset, baik yang berlokasi di darat (Onshore) maupun yang lepas pantai (Offshore)
  2. Asuransi terhadap sumur minyak/gas, Onshore dan Offshore (Cost of Well Control)
Apa yang dijamin dan tidak dijamin didalam asuransi terhadap asset di darat (Onshore)?

Merupakan All Risk
Asset dan kepentingan yang dijamin antara lain:

  1. Fixed assets, Stock Material, Spare Part, Equipment dll
  2. Oil and related stock whilst contained in fixed tanks
  3. Debris Removal and Fire Fighting Expenses

Asset yang tidak dijamin dan perlu untuk dicatat antara lain:

  1. Pipelines outside the perimeter fence
  2. Wellhead and inhole equipment including casing installed beneath the surface
Apa yang dijamin didalam asuransi terhadap asset di lepas pantai (Offshore)?

Merupakan All Risk Policy
Asset dan kepentingan yang dijamin antara lain:

  1. Fixed assets, termasuk platforms, pipelines, cable, storage tanks, oil stock dll
  2. Removal of Wreck
Apa perluasan Polis Onshore?

Polis Onshore Material Damage dapat diperluas dengan:

  1. Care, Custody & Control (CCC), yaitu penutupan terhadap asset milik pihak ketiga seperti Kontraktor yang dalam pengoperasiannya menjadi tanggung jawab KPS
  2. Computer Insurance
  3. Office Contents Insurance
  4. Machinery Breakdown Insurance
  5. Business Interruption Insurance
Apa perluasan Polis Offshore?

Untuk Polis Offshore Physical Damage dapat diperluas dengan:

  1. Care, Custody & Control (CCC)
  2. Rig Insurance
Apa definisi dari Cost of Well Control?

Suatu sumur dianggap out of control (tidak terkendali) hanya jika dari sumur tersebut terdapat aliran cairan pengeboran (drilling fluid), minyak, gas atau air yang tidak dikehendaki diatas permukaan tanah atau dibawah air dimana:

  1. Aliran tersebut tidak dapat dengan segera dihentikan dengan menggunakan berat volume cairan pengeboran dan/atau oleh alat pencegah blowout (blowout preventer), storm chokes atau alat-alat lainnya sesuai dengan yang ditentukan oleh klausula due diligence and warranty atau
  2. Aliran tersebut dinyatakan tidak terkendali oleh pihak yang berwenang
Cost of Well Control ini disebut juga apa dan menggunakan Polis apa?

Disebut juga Cost of Control Insurance (COC) yang menggunakan Polis Energy Exploration and Development (EED)

Berapa Limit sumur Onshore khususnya untuk Cost of Well Control?

Limit sumur Onshore adalah : US$ 25,000,000 combined single limit.

Dan berapa Limit sumur Offshore?

Limit sumur Offshore adalah :

  1. Single Well : US$ 35,000,000 combined single limit
  2. Multi Well : US$ 100,000,000 combined single limit

Asuransi Tanggung Jawab Hukum Direksi (D&O)


Asuransi Tanggung jawab Hukum Direktur dan Officer (D & O) Dirancang untuk memberikan perlindungan kepada para direktur dan officer suatu perusahaan berkenaan dengan kemungkinan terkena gugatan hukum tanggung jawab pribadi yang dapat timbul dalam melaksanakan tugas-tugas mereka.

Risiko-risiko apa saja yang dijamin?
Perbuatan melanggar hukum yang diartikan sebagai setiap pelanggaran tugas, kelalaian, kekeliruan, salah memberikan keterangan, pernyataan penyesatan, kealpaan atau tindakan direktur atau officer perusahaan dalam melakukan tugasnya atau tuntutan lainnya terhadap mereka yang semata-mata berhubungan dengan kedudukannya sebagai direktur dan officer.

Risiko-risiko apa saja yang tidak dijamin?

  1. Ketidakjujuran, kecurangan atau tindakan jahat yang dapat dibuktikan
  2. Keuntungan pribadi atau ketentuan remunerasi yang didapat oleh direktur officer dimana hal tersebut dinyatakan tidak sah secara hukum.
  3. Situasi dan kondisi yang dapat memicu suatu klaim yang dijamin dalam polis dan diketahui oleh direktur dan officer namun tidak disampaikan kepada pihak penanggung pada saat penutupan.
  4. Klaim yang dicatat atau diajukan pada polis sebelumnya.
  5. Klaim yang diajukan oleh dan atas nama pemegang saham yang memiliki lebih dari persentase tertentu dan mempunyai hak voting di perusahaan (biasanya lebih dari 15%).
  6. Dan lain-lain seperti tertera di dalam polis.
Siapa saja yang memerlukan produk ini?
Direktur, officer, anggota dewan komisaris, manajer, sekretaris atau orang-orang yang diperkerjakan dalam kedudukan eksekutif.

Asuransi Bonding


Bonding adalah suatu bentuk asuransi penjaminan atau perjanjian yang melibatkan tiga pihak yaitu pihak pertama yang disebut Surety dalam hal ini adalah asuransi yang menerbitkan jaminan untuk kepentingan atau permintaan dari pihak kedua yang disebut Principal yang terikat untuk memenuhi suatu kewajiban yang telah ditentukan atau diperjanjikan dengan pihak ketiga yang disebut Obligee. Dalam perjanjian tersebut disepakati bahwa jika pihak Principal gagal/wan prestasi dalam menyelesaikan kewajibannya terhadap pihak Obligee atas apa yang telah ditentukan atau diperjanjikan, maka pihak Surety akan mengganti biaya tersebut. Produk Bonding terdiri atas Surety Bond dan Customs Bond.

Custom Bond
menjamin fasilitas Badan Pelayanan Kemudahan Ekspor dan pengolahan Jasa keuangan (Bapeksta-Keu.) dan Dirjen Bea Cukai (DJBC). Jaminan yang dapat diberikan oleh Customs Bond adalah :

  1. Jaminan atas bahan baku impor
  2. Jaminan impor sementara
  3. Jaminan pengeluaran barang sementara
  4. Jaminan atas kegiatan kawasan berikat
  5. Jaminan atas kegiatan Enterport Produksi Tujuan Ekspor (EPTE)
  6. Jaminan atas kegiatan jasa kepabeanan (PPJK)
  7. Jaminan atas kegiatan gudang berikat

Surety Bond
(Construction Contract Bond) menjamin kontraktor terhadap pemilik proyek sesuai dengan persyaratan dalam undangan lelang dan/atau kontrak bahwa kontraktor sanggup melaksanakan dan menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan kontrak yang disepakati. Yang dapat dijamin oleh Surety Bond adalah :

  1. Jaminan penawaran (tender bond / bidbond)
  2. Jaminan pelaksanaan (performance bond)
  3. Jaminan pembayaran uang muka (advance payment bond)
  4. Jaminan pemeliharaan (maintenance bond)
Risiko-risiko apa saja yang tidak dijamin?
  1. Reaksi nuklir, radioaktif, radiasi, reaksi inti atom yang langsung/tidak mempengaruhi dan mengakibatkan kegagalan principal (yang dijamin) untuk melaksanakan kewajiban atau pekerjaannya.
  2. Risiko politik yang langsung/tidak mempengaruhi pelaksanaan pekerjaan/kewajibannya, seperti akibat: Demonstrasi, pergolakan massa Invasi musuh, Perang secara fisik yang langsung/tidak mempengaruhi perekonomian, Perang saudara/pemberontakan terhadap pemerintah yang sah, Peraturan pemerintah yang langsung / tidak mempengaruhi pelaksanaan / kewajiban
  3. Bencana alam (yang dinyatakan sebagai bencana alam nasional).

Asuransi Tanaman


Apa saja yang bisa diasuransikan?
Tanaman perkebunan yang dikelola secara profesional oleh Perkebunan Besar Swasta Nasional (PBSN), berupa kelapa sawit, karet, kelapa, kopi dan kakao yang masih produktif / menghasilkan.

Risiko-risiko apa saja yang dijamin?
Kami menjamin kerugian yang dialami oleh tanaman perkebunan di atas terhadap akibat dari kebakaran atau yang dipersamakan dengan kebakaran seperti petir, peledakan, kejatuhan pesawat terbang. Risiko-risiko yang dapat diperluas antara lain : kerusakan akibat hewan ternak atau hewan liar, banjir, angin topan, kerusuhan/akibat dari perbuatan jahat, pengaruh panas dan kekeringan.

Risiko-risiko apa saja yang tidak dijamin?

  1. Pembakaran atas perintah pemerintah
  2. Kebakaran bawah tanah
  3. Pencemaran bahan kimia atau asap
  4. Kesalahan pemakaian bahan kimia
  5. Perusakan yang disengaja
  6. Penyuburan tanah yang kurang tepat
  7. Pencurian
  8. Tanah Longsor
  9. Perang, pemberontakan, perampokan, huru-hara dan sejenisnya
  10. Senjata nuklir, kimia, ionisasi, radiasi, kontaminasi radioaktif
Faktor apa saja yang mempengaruhi suku premi?
  1. Jenis tanaman
  2. Tahun tanam
  3. Lokasi perkebunan
  4. Kondisi dan manajemen perkebunan
  5. Catatan kerugian
  6. Kondisi di sekitar kebun
  7. Luas jaminan yang diinginkan